Sabtu, 16 Juli 2011

Published Sabtu, Juli 16, 2011 by with 1 comment

Membuat Animasi Lebah Sederhana (Fungsi Timeline) dengan Flash

Tutorial ini saya buat untuk anda yang baru ingin belajar animasi pada program flash, karena kali ini saya akan membahasa tentang timeline yang sangat mendasara dan penting pada pembuatan aplikasi flash. Jendela Timeline  umumnya ada pada bagian atas program, jika tidak muncul coba anda lihat pada window pada bagan bar, apakah timeline tercentang ? jika tidak centang bagian timeline.

Sebelumnya akan delaskan mengenai fungsi timline. Timeline befungsi untuk tempat peletakan setiap layer yang berisi object pada program flash, umumnya kecepatan timline adalah 12 fps (frame per second). Kita dapat, melihatnya di bagian bawah timeline seperti di bawah ini.


Kecepatan ini berpengaruh kepada seberapa cepat pergerakan animasi yang di buat, semakin tinggi nilai Frame rate semakin cepat pergerakan timeline. Untuk mengatur kecepatan tersebut kita tinggal mengubah nilai Fram rate yang ada di panel Properti yang terletak dibagian bawah (Jika tidak muncul klik di bagian luar layer).

Layer- layer pada timeline di bagi 3 yaitu :
  • Layer biasa.
  • Layer Mask.
  • Layer Guide
Untuk penjelasan layer kita bahas ditutorial selanjutnya. Balik ke topik sebelumnya. Untuk pertama kali kita buat suatu object (apasaja), disini saya mencoba membuat membiuat sebuah karakter lebah. 
Saat pertama kali membuat suatu object pasti akan diletakan pada layer 1 frame 1. Buat 1 buah lingkaran besar dan 2 buah lingkaran kecil dengan mengunakan oval tool, seperti gambar dibawah ini :


Sambungkan antara lingkaran kecil dan besar dengan menggunakan line tool. Lakukan penggambaran 1 buah lingkaran besar untuk badan dan 2 buah lingkaran kecil untuk tangan agar tampak seperti dibawah in:


Bentuk mata dan hidungnya. Buat sebuah sayap.


Blok salah satu dari sayap tersebut, lalu klik kanan >> Konvert to Symbol pilih sebagai movie clip. Lalu klik 2 kali pada sayap yang tadi dipilih maka kita akan masuk ke bagian timeline symbol sayap tersebut. Klik kanan pada frame ke2 dan pilih blank keyframe, maka frame k-2 tersebut akan menjadi frame kosong yang siap untuk dimasukan object, gambar kembali sayap yang berbeda yang akan di gunakan sebagai animasi pada saat dijalankan. Lalu lakukan hal yang sama pada sayap yang satunya lagi.
Maka bentuk lebah kita akan seperti ini.


Sudah nampak seperti lebah kan ?. Kini saatnya kita mengerakanya dengan timeline utama. Klik kanan pada frame 15 dan pilih Insert Keyframe, kemudian pilih frame pertama dan pilih Creat Motion Tween. Maka timeline akan terlihat seperti gambar di atas tadi (gambar yang menunjukan kecepatan frame).

Pilih frame pertama dan letakan lebah kita di pojok kiri bawah dan untuk frame ke-15 letakan di pojok kanan atas. Maka ketika di jalankan akan terlihat sepert dibawah ini.



Jika anda belum paham silahkan download file fla nya disini  

Protected by Copyscape Plagiarism Checker
Perhatian : Tutorial ini di proteksi oleh copyscape, bila ingin mengcopy tutorial ini, harap disertai dengan link sumber tutorial ini.

1 komentar: