Rabu, 17 Oktober 2012

Published Rabu, Oktober 17, 2012 by with 0 comment

Apa yang dimaksud dengan Compiere , Tool dan Menu-menunya

Penjelasan Compiere     

           Compiere adalah sebuah software ERP (singkatandari Enterprise Resource Planning), dan merupakan sebuah software ERP berbasis open source pertama kali danmerupakansalahsatu software ERP yang paling popular saatini. Sampaidenganawaltahun 2008 sudahlebihdari 1.300.000 kali di download dari website http://www.sourceforge.net, Compiere yang di bangundenganmenggunakan Java J2EE dapat di jalankan di berbagai platform seperti Windows, Linux, Unix, dll. 

           Compiere dilengkapi dengan beberapa fitur, semisal Inventory Management, Purchasing, Sales Order, Account Payable, Account Receivable dan General Ledger sebagai pondasinya. Didukung dengan kemampuan multi currency, multi company dan multi language, Compiere sangat cocok bagi perusahaan-perusahaan berbentuk group of companies, yang lazim di Indonesia.

      Kemampuan Compiere yang memungkinkan untuk dibongkar-pasang serta di kustomisasi menjadikannya ERP salah satu produk yang unik di pasaran. Infrastruktur di dalam Compiere memungkinkan pengembangan aplikasi di atas tanpa harus membutuhkan seorang yang ahli dalam pemrograman Java sekalipun. Ini juga positioning yang baru bagi pasar aplikasi integrasi.

Tool-tool pada Compiere

  • Ignore                                   : tidak menyimpan data yang baru saja diinput.
  • Help                                     : untuk menampilkan window help.
  • New Record                         : membuat atau memulai record baru.
  • Delete                                   : Menghapus data yang sudah di input.
  • Save                                     : menyimpan data yg diinput untuk disimpan dalam database.
  • Refresh                                 : Menampilkan data yang baru diinput sehingga data yg lama tidak tampil dalam window.
  • Find                                      : mencari data yang dapat meliputi pencarian customer, vendor , client dan lainnya.
  • Attachment                            : digunakan untuk pengiriman database ke user yang meminta pengiriman melalui web.
  • Data Grid                              : Menampilkan seluruh database yang berupa tabel.
  • History                                  : tampilan kalender yang menentukan tanggal dibuatnya database dalam compiere dan menampilkan seluruh data berdasarkan tanggal.
  • Menu                                    : digunakan untuk balik ke window menu utama.
  • Parent Record                       : menampilkan data hanya berupa judul.
  • Detail Record                        : menampilkan record atau data secara detail.
  • First Record                          : menampilkan record yang ada di baris atasnya beserta dengan keterangan.
  • Last Record                          : menampilkan record hanya pada baris bawahnya atau sebelum.
  • Next record                          : menuju kedalam record selanjutnya dalam suatu report.
  • Last record                           : menuju kedalam record sebelumnya dalam suatu report.
  • Report                                  : menampilkan report yang sudah terdapat data input.
  • Arcive document & Report    : mengambil data berupa dokumen dan Report.
  • Print                                      : icon yang digunakan untuk mencetak laporan dalam bentuk hasil cetakkan kertas.
  • Zoom Across                        : menampilkan tampilan window zoom untuk mengganti data.
  • Active Workflows                 : mengambil data yang di gunakan

Menu-menu pada Compiere 

  • Partner Relation Management, partner management yang menghubungkan beberapa client dimana masing – masing client melakukan distribusi management dan request data.
  • Material Management, membuat customer shipment dalam tumpukan atau individu per order dan membandingkannya dengan Purchase Order atau Vendor Invoice.
  • Performance Analysis, menjelaskan tentang Pembayaran dan dimensi Akuntansi dalam suatu aplikasi, dalam sistem traditional kita mengenalnya dengan sebutan Neraca dan Jurnal Umum yang terhubung dengan pemasukkan data akuntansi dalam compiere.
  • Order Management, menjelaskan tentang pemesanan barang dalam suatu aplikasi.
  • Procurement, menjelaskan tentang pelayanan service maupun klaim dalam suatu aplikasi.

Langkah-langkah membuat compiere !

  • Login ke dalam compiere 
  • Lakukan pencarian untuk window dengan mengetikkan missalkan Business Partner 
  • Kemudian enter 
  • Pindah kedalam shortcut bar lalu klik “add to bar” 
  • Hapus atau pindahkan itu dari shortcut bar maka akan tampil Business Partner

0 comments:

Posting Komentar