Selasa, 23 Oktober 2012

Published Selasa, Oktober 23, 2012 by with 1 comment

Tugas : Analisis web e-goverment

1. PENDAHULUAN 

Penerapan aplikasi web telah meluas ke berbagai bidang, mulai dari perbankan, asuransi, bisnis, manufaktur, pendidikan dan pemerintahan. Dalam dunia pemerintahan, aplikasi web digunakan dalam banyak hal diantaranya untuk publikasi informasi tentang daerah, potensi investasi, dan berbagai informasi lainnya yang dapat diakses oleh semua pihak. Keharusan pembangunan situs web disetiap Pemerintahan Daerah Kabupaten dan Kota merupakan tuntutan akan informasi yang cepat dan terupdate setiap waktu. 

Web disetiap Pemerintahan Daerah Kabupaten dan Kota dapat membantu terbentuknya pemerintahan yang bersifat Good Governance dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi. Manfaat yang didapat dari web di setiap Pemerintahan Daerah Kabupaten dan Kota adalah adanya semangat keterbukaan dan pemberdayaan masyarakat, ketersediaan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat sebagai bentuk keterbukaan (transparansi) sehingga hubungan antar berbagai pihak menjadi lebih baik. Sedangkan informasi berupa data potensi daerah, statistik dan peluang usaha disajikan untuk kalangan bisnis maupun investor, sebagai upaya daerah meningkatkan PAD (Pendapatan Asli Daerah). 

Salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika pada tahun 2003 yaitu mengeluarkan panduan isi pembangunan situs web Pemerintah Daerah. Tapi sayangnya pembuatan panduan tersebut dibuat dengan cara menganalisis 90 situs Pemerintah Daerah, dimana kondisi pembangunan web Pemerintah Daerah yang saat itu hingga saat ini masih terkesan asal jadi saja. Semestinya Pemerintah dalam membuat standarisasi isi situs web Pemerintah Daerah didasarkan pada Undang-Undang yang berlaku, bukan didasarkan dengan cara menganalisa 90 situs yang sebelumnya dibuat dengan inisiatif masing-masing dan terkesan sia-sia. Hal ini diperburuk lagi dengan tidak dijadikannya panduan yang dibuat oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika sebagai acuan oleh Pemerintah Daerah dan pengembang dalam pembuatan isi situs web Pemerintah Daerah. 

Penelitian ini akan membahas usulan standarisasi kebutuhan dari isi minimal situs web Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota yang seharusnya dan sebaiknya ada pada sebuah web resmi Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota.

Isi Minimal Situs Web Pemerintah Daerah Versi DEPKOMINFO

Berdasarkan hasil pengamatan pada 90 (sembilan puluh) situs web Pemerintah Daerah dan hasil Jajak Pendapat pada 90 (sembilan puluh) pengelola situs website Pemerintah Daerah, isi minimal pada setiap situs web Pemerintah Daerah yang dibuat oleh DEPKOMINFO adalah sebagai berikut:

1) Selayang Pandang 

Menjelaskan secara singkat tentang keberadaan Pemerintah Daerah bersangkutan (sejarah, motto daerah, lambang dan arti lambang, lokasi dalam bentuk peta, visi dan misi).

2) Pemerintahan Daerah 

Menjelaskan struktur organisasi yang ada di Pemerintah Daerah bersangkutan (eksekutif, legislatif) beserta nama, alamat, telepon, e-mail dari pejabat daerah. Jika memungkinkan biodata dari Pimpinan Daerah ditampilkan agar masyarakat luas mengetahuinya.

3) Geografi 

Menjelaskan antara lain tentang keadaan topografi, demografi, cuaca dan iklim, sosial dan ekonomi, budaya dari daerah bersangkutan. Semua data dalam bentuk numeris atau statistik harus mencantumkan nama instansi dari sumber datanya.

4) Peta Wilayah dan Sumberdaya 

Menyajikan batas administrasi wilayah dalam bentuk peta wilayah (sebaiknya digunakan peta referensi yang dikeluarkan oleh Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional – Bakosurtanal, atau instansi pemerintah lainnya yang mempunyai tugas pokok dan fngsi pembuat peta), dan juga sumberdaya yang dimiliki oleh daerah bersangkutan dalam bentuk peta sumberdaya (digunakan peta referensi yang dikeluarkan oleh instansi pemerintah yang mempunyai tugas pokok dan fungsi pembuat peta) yang dapat diguna-kan untuk keperluan para pengguna.

5) Peraturan/Kebijakan Daerah 

Menjelaskan Peraturan Daerah (Perda) yang telah dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah bersangkutan. Melalui situs web pemerintah daerah inilah semua Perda yang telah dikeluarkan dapat disosialisasikan kepada masyarakat luas.

6) Buku Tamu 

Tempat untuk menerima masukan dari pengguna situs web pemerintah daerah bersangkutan. 

Selain isi minimal seperti tersebut diatas, DEPKOMINFO menyatakan bahwa isi lainnya yang akan disajikan pada suatu situs web Pemerintah Daerah diserahkan sepenuhnya kepada masing-masing Penanggung jawab Situs dan Manajer Situs web Pemerintah Daerah, tergantung pada kondisi setempat dan kesediaan data serta informasi yang dimiliki oleh daerah bersangkutan.

Unit Analisis Penilaian

Informasi menu utama dalam website

Kategori : Potensi daerah, Komoditas utama, Kualitas SDM. 

1. Potensi daerah : menginformasikan tentang kondisi daerah yang bersangutan seperti investasi, pariwisata dan penjualan hasil alam d daerah tersebut. 

2. Komoditas utama :  Menjelaskan atau menginformasikan kekayaan alam yang terkandung di kabupaten tersebut yang berfungsi untuk menambah pemasukan dearah. Contohnya dalam sektor pertanian, kehutanan, pertambangan, perkebunan, sumber air peternakan dll. 

3. Kualitas SDM : ialah kualitas masyarakat pada kabupaten yang bersangkutan maksudnya latar pendidikan yang harus dimiliki pada setiap masyarakat supaya dalam penempatan karyawan pada suatu perusahaan lebih mudah dan sesuai dengan jenjang pendidikan yang mereka dapat.

Penyediaan hubungan

Kategori : G2C, G2B, G2G 

1. G2C (goverment to citizien) ialah website tersebut melakukan hubungan langsung ke masyarakat contohnya komunikasi secara online antara user dengan website daerah tersebut. 

2. G2B (goverment to business) ialah website tersebut melakukan kerjasama antara beberapa perusahaan untuk menghasilkan suatu keuntungan (bisnis). Contohnya dalam bidang pariwisata yang bekerjasama dengan perusahaan lain yang bersangkutan seperti penginapan dan travel agent. 

3. G2G (goverment to goverment) ialah website tersebut menjelaskan tentang kerjasama antara beberapa kabupaten lain.


Aksesibilitas


Adalah adalah kecepatan jaringan untuk mengakses pada setiap menu dengan ketentuan < 10 s, 10 – 30 s , > 30 s

Design 

Meliputi : Animasi, Grafis, teks lengkap 

1. Animasi adalah suatu benda atau gambar yang didesign untuk bergerak. Berarti website tsb memiliki animasi atau tidak 

2. Grafis adalah gambar dengan perpaduan warna yang senada. 

3. Teks lengkap ialah tulisan yang menjelaskan tentang website tersebut secara detail dan dalam penulisannya menggunakan bahasa yang mudah dimengerti.

Jumlah tingkatan informasi

Kategori : 1 tingkat, 2 tingkat, 3 tingkat dan 4 tingkat.

1) 1 tingkat adalah persiapan, meliputi pembuatan situs informasi di setiap lembaga, penyiapan SDM, penyiapan sarana akses yang mudah, misalnya warnet dan lain – lain. 

2) 2 tingkat adalah pematangan, meliputi pembuatan situs informasi public interaktif dan pembuatan antar muka keterhubungan dengan lembaga lain. menyantumkan poling interaktif sehingga user yang membrowsing website ini tidak bisa memberikan penilaian. 

3) 3 tingkat pemantapan, meliputi pembuatan situs informasi pelayanan public dan pembuatan interoperabilitas aplikasi dan data dengan lembaga lain. Dengan adanya transaksi layanan publik. 

4) 4 tingkat pemanfaatan, meliputi pembuatan aplikasi untuk pelayanan yang bersifat G2G, G2B dan G2C. Adanya hubungan antara G2B, G2C dan G2G yang disampaikan secara interaktif.

Bobot Nilai Unit Analisis

  • Informasi menu utama dalam website 25 % 
  • Informasi tambahan dalam fasilitas website 20 % 
  • Penyediaan hubungan 15 % 
  • Aksesibilitas 10 % 
  • Design 10 % 
  • Jumlah tingkatan informasi 20 %

Contoh Penilaian

Unit Analisis
Bobot
Nilai
Kategori
Bobot
Nilai
Jumlah
Total
% Nilai Total
Informasi menu utama dalam Website
25%
Potensi daerah
Komoditas utama
Kualitas SDM
Misal :
5/10 x 25 %
7/10x25%
6/10 x 25%
100%
Bobot nilai / 3  à (12,5+
17,5+
15) / 3  % =15 %
Informasi tambahan dalam fasilitas Website
20%
Tahap I
Tahap II
Tahap III
10/10 x 20 %        
8/10 x 20 %
7/10 x 20 %
100%
20 + 16 +  14 / 3
=  17 %
Penyediaan hubungan
15%
G2C
G2B
G2G
Idem dg ata
S
100%
Misal hasilnya = 10
Aksesibilitas
10%
< 10 detik
10-30detik
>30 detik
Idem dg atas
100%
Misal hasilnya = 8
Design
10%
Animasi
Grafis
Teks lengkap
Idem  dg atas
100%
Misal hasilnya = 7
Jumlah tingkatan informasi
20%
1 Tingkat
2 Tingkat
3 Tingkat
4 Tingkat
Idem dg atas
100%
Misal hasilnya = 14
Jumlah
100 %
71 %


          Nilai bobot website ini kita nilai : 5 dengan perhitungan 5/10 x 25% = 12,5% karena pada website ini penjelasan mengenai potensi daerah yang terdapat di daerah tsb kurang rinci dan menampilkan data-data yang kurang akurat mulai dari bidang pertanian, perkebunan dan lainnya.

Keterangan range : 
  • 1 – 5 : tidak bagus 
  • 6 – 7 : cukup bagus 
  • 8 – 10 : bagus 
  • 10- 50 % tidak bagus 
  • 60 – 70 % cukup bagus 
  • 80 – 10 % bagus

1 komentar: