Kamis, 29 Maret 2012

Published Kamis, Maret 29, 2012 by with 0 comment

Dampak Perdagangan Bebas Bagi Lulusan Sarjana Komputer

Perdagangan bebas merupakan pertukaran barang dan jasa secara bebas antara beberapa negara. Dulu segala macam pertukaran barang dan jasa sangat terbatas dan harus melalui birokrasi yang sangat panjang. Namun sekarang hal itu tidak berlaku lagi. Pertukaran barang dan jasa antara beberapa negara sangat terbuka lebar.

Perdagangan bebas adalah suatu konsep ekonomi yang mengacu pada Harmonized Commodity Description and Coding System (HS) dengan ketentuan dari World Customs Organization yang berpusat di Brussels, Belgium. Penjulan produk antar begara tanpa pajak ekspor-impor atau hambatan perdagangan lainnya.

Sebagai sarjana komputer, perdagangan bebas mempunyai dampak yang baik. Dengan berlakunya perdagangan bebas antar negara, berarti peluang kerja untuk sarjana komputer semakin meningkat. Tak hanya dapat bekerja di dalam negeri, sarjana komputer lebih mempunyai peluang untuk bekerja di luar negeri. Perusahaan luar negeri tentunya membutuhkan tenaga kerja lulusan komputer untuk membangun atau memelihara sistem komputer pada perusahaan tersebut. Hal ini membuka peluang untuk tenaga kerja lulusan komputer yang berasal dari Indonesia agar dapat bekerja di luar negeri. Apalagi dengan adanya perdagangan bebas seperti saat ini. Peluang tenaga kerja lulusan komputer dari Indonesia lebih besar dibandingkan sebelum adanya perdagangan bebas.

Dikutip dari : http://agustiyani.blogspot.com/2012/03/dampak-perdagangan-bebas-bagi-lulusan.html pada tanggal 29 Maret 2012.

0 comments:

Posting Komentar