Senin, 08 Oktober 2012

Published Senin, Oktober 08, 2012 by with 0 comment

Doctor Fish si ikan Garra rufa

Sebagian hewan yang ternyata punya 'kelebihan' untuk menyembuhkan penyakit manusia. Selain relatif murah, terapi dengan hewan juga terbukti aman karena tidak menggunakan obat-obatan kimiawi. Salah satunya, lewat bantuan ikan Garra Rufa.

Image from : Matoa.org
Ikan yang satu ini ajaib banget dan pantas mendapat julukan doctor fish! Gimana nggak ajaib, dengan badannya yang hanya sepanjang 9-12 sentimeter, dia bisa menghisap kulit mati, menyamarkan bekas luka, sampai melancarkan peredaran darah. Doctor fish yang punya nama asli Garra Rufa ini, berasal dari daerah perairan Timur Tengah. Umurnya maksimal hanya 6 tahun, dan habitatnya adalah air tawar yang bersuhu kurang lebih 35° Celcius.

Awalnya, penduduk daerah Kangal, Mesir-lah yang menemukan keajaiban si Garra Rufa. Mereka takjub, soalnya dengan merendamkan kaki mereka di air yang ada ikan ini, penyakit seperti gatal-gatal serta eksim bisa hilang. Kemudian, baru diketahui bahwa air liur ikan tidak bergigi ini mengandung enzim dithranol atau antharlin, yang ampuh menyembuhkan penyakit kulit dan membuat kulit tumbuh sehat. Metode pengobatan kulit kaki dengan menggunakan ikan, sekarang disebut Itchtyotheraphy.
Caranya:
  • Pertama-tama, kaki kita harus dicuci dulu sampai bersih. Soalnya, kalau kita habis pakai krim atau lotion, dapat 'meracuni' habitat si ikan di kolam.
  • Lalu kita duduk di pinggir kolam yang kira-kira berisi 500 ekor Garra Rufa. Begitu kaki kita masuk, pasti semua ikan langsung menyerbunya! Walaupun tidak punya gigi, mereka canggih menghisap lapisan kulit mati yang berada di bagian teratas kulit.
  • Saat 'digigiti' si ikan, kita akan merasa seperti kesetrum. Tenang, efek micro-massage skala kecil ini lama kelamaan justru membuat kita rileks dan berfungsi melancarkan peredaran darah.
Setelah terapi selesai, kaki kita akan kembali dibersihkan. Kali ini, fungsinya agar lapisan kulit yang tadi dihisap oleh si ikan betul-betul lepas. Dijamin, habis itu kaki kita terasa bersih dan halus.

source : Gadis

0 comments:

Posting Komentar