Minggu, 08 Mei 2011

Published Minggu, Mei 08, 2011 by with 0 comment

Manajemen Modal Dengan Ramalan Makro

Sebagian besar bank akan mengambil posisi untuk mendapatkan manfaat seoptimal mungkin hasil ramalan mereka tentang perubahan ekonomi yang mungkin terjadi pada masa depan. Beberapa contoh kebijaksanaan yang ditempuh bank sesuai dengan pengharapan mereka tentang empat macam ramalan perubahan ekonomi pada masa depan dapat dibaca pada paparan Manajemen Liabilities dan Assets yang DilakukanBank Berdasarkan Ramalan Kondisi Perekonomian pada Masa Depan.

Dijelaskan bahwa pertumbuhan ekonomi pada masa depan dan perubahan suku bunga tidak dipertimbangkan secara simultan di dalam penentuan kebijakan. Lagi pula, tidak turut dipertimbangkan ramalan ekonomi lainnya yang dipertimbangkan oleh bank-bank lain. Akan tetapi, eksibisi mengilustrasikan berbagai macam kompromi “risiko dan pengembalian” yang selalu dihadapi para manajer bank. Contoh, jika manajer bank mengantisipasi (mengharapkan) ekonomi menguat (upswing), mereka berusaha meningkatkan penghasilannya dengan menggeser pemberian pinjamannya pada investasi dan membeli sekuritas yang relatif berisiko tinggi yang tingkat pengembaliannya tinggi. Sehingga jika ekonomi menguat seperti yang diramalkan, hanya sebagian kecil pinjaman yang diberikan dan sekuritas yang dibeli mengalami default (cedera janji), dan strategi seperti ini akan memperbaiki penghasilan bank. Akan tetapi seandainya ramalan bank mengenai perekonomian salah, revisi portofolio aktivanya lebih peka (sensitive) pada kondisi ekonomi lemah. Bank mungkin mengalami kehancuran saat ekonomi lemah, karena para peminjamnya (para debitur) gagal mengembalikan pinjamannya dan gagal melunasi bunga dan pokok sekuritasnya.

Bank-bank lain yang lebih conservative mungkin tidak terlalu terpengaruh meskipun ramalannya tentang ekonomi meleset, jika seandainya sebagian besar loan dan sekuritasnya adalah berisiko kecil. Tetapi jika ekonomi menguat sesuai dengan yang diramalkan, bank tidak diuntungkan. Sejauh mana bank bersedia menyesuaikan struktur neracanya berdasarkan ramalan ekonomi adalah bergantung pada keyakinan atau tingkat kepercayaannya kepada ramalan serta kesediaannya menanggung risiko.


Pustaka: Mjn Risiko pd Perusahaan & Birokrasi Oleh Hinsa Siahaan
Sumber : artikelekonomi.com

0 comments:

Posting Komentar