Minggu, 08 Mei 2011

Published Minggu, Mei 08, 2011 by with 0 comment

Perilaku Produsen Dalam Pasar

Pembahasan dasar-dasar teori ekonomi mikro mengenai perilaku produsen: apa pertimbangan produsen dalam menentukan berapa yang akan ditawarkan pada berbagai tingkat harga. Dengan kata lain: apa yang menentukan supply dari segi produsen dan apa yang ada di belakang kurva supply-nya itu. Agar prinsip dasar mudah dipahami, ulasan agak difokuskan pada perusahaan industri dalam bentuk pasar persaingan. Tetapi dengan mudah dapat diterapkan pula pada usaha lain seperti usaha pertanian atau usaha dagang.

Pokok persoalan ekonomi yang dihadapi oleh seorang produsen adalah bagaimana dangan sumber daya yang terbatas dapat mencapai basil yang sebaik-baiknya. Produsen dikatakan berhasil secara ekonomis apabila usahanya itu rendabel mau menghasilkan laba. Untuk mencapai hasil seperti yang diharapkan, seorang produsen harus bertindak secara ekonomis, artinya ia masih mempertimbangkan hasil dan pengorbanan.

Hasil yaitu produk (barang/jasa) yang dihasilkan (= output) yang dinilai dalam uang menurut harga pasar menimbulkan PENERIMAAN (revenue).

PENGORBANAN yaitu faktor-faktor produksi yang dipergunakan: bahan, tenaga kerja, mesin dan peralatan, dan sebagainya (=input), yang dinilai dalam uang menurut harga pasar adalah BIAYA (cost).
Perusahaan terletak diantara dua pasar:
  • Pasar Pembelian: dimana perusahaan membeli faktor-faktor produksi yang diperlukan (INPUT/masukan) yang dibayarkan dalam uang menurut harga pasar yang berlaku = Biaya.
  • Pasar penjualan: dimana pasar perusahaan menjual produk (barang/jasa) yang dihasilkan (OUTPUT/keluaran) diimbangi dengan pembayaran = PENERIMAAN
Dalam menganalisis perilaku produsen kita berpangkal pada anggapan bahwa

  • produsen bertindak secara rasional.
  • produsen telah mengetahui apa yang akan dihasilkan.
  • produsen menghendaki basil yang sebaik mungkin dari usahanya.


Pustaka: Pengantar Ilmu Ekonomi Mikro Oleh Drs. T. Gilarso, SJ. 
Sumber : artikelekonomi.com

0 comments:

Posting Komentar