Rabu, 27 Juli 2011

Published Rabu, Juli 27, 2011 by with 0 comment

Guide Line pada Flash

Guid line adalah sebuah garis yang digunakan sebgai track untuk pergerakan suatu object. Misalkan kereta api, guid line dari kereta api adalah rel, karena kereta api akan mengikuti kemana arah rel tersebut. Sekarang kita kan membuat animasi sederhana dengan menggunakan guid line.

Dari tutorial sebelumnya kita akan menggunakan lebah yang pernah kita buat sebelumnya jika anda belum membuatnya silahkan lihat tutorial sebelumnya ( klik disini ).

Buat dahulu sebuah garis menggunkan line tool. Bentuk garis terserah anda, saya akan membuat lengkungan seperti dibawah ini :



Klik kanan pada frame ke-30 lalu pilih Insert Frame. Ubah properties layer manjadi Guide dengan cara klik kana layer pilih Properties >> Guide. Buat layer baru dan kemudian letakan lebah diujung kiri garis. Klik kanan pada frame ke-30 lalu pilih Insert Keyframe, ubah posisi lebah menjadi berada di ujung kanan garis. Pastikan titik tengah dari lebah tepat berada tepat pada ujung garis. Seperti gambar dibawh ini :




Kembali pada frame ke-1, klik kanan dan pilih Create motion Tween maka jika dijalankan akan seperti dibawah ini :


Jika belum jelas anda bisa mendownload file fla-nya dsini 


Protected by Copyscape Plagiarism Checker
Perhatian : Tutorial ini di proteksi oleh copyscape, bila ingin mengcopy tutorial ini, harap disertai dengan link sumber tutorial ini.

0 comments:

Posting Komentar